PERBEDAAN KOST, SEWA, DAN KONTRAKAN

Banyak yang bertanya, apa Perbedaan Kost, Sewa, dan Kontrakan ?

Berdasarkan keterangan dari  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Indekos : bermukim  di lokasi  tinggal  orang, dengan atau tanpa makan  (ada kewajiban setiap bulan); memondok. Kalau Sewa : pemakaian  sesuatu dengan membayarkan uang. Kontrakan : yang dikontrak atau dicarter  (tentang tempat tinggal  dan sebagainya).

Ada yang mengatakan, bahwa “kost” tersebut  untuk orang lajang saja, bila   untuk yang telah  berkeluarga menyebutnya “kontrakan”. Ada pula yang memisahkan  berdasarkan ruangnya, “kost” untuk satu kamar, “kontrakan” untuk satu rumah. Ada pun  yang mengkategorikan berdasarkan sistem pembayarannya, “kost” sistem pembayarannya bulanan, “kontrakan” sistem pembayarannya tahunan.

Sedangkan kata “sewa” sebetulnya  sama dengan istilah “kontrak”. Kata kontrak berasal dari bahasa Inggris “contract” = kontrak, perjanjian. “Kontrak” sendiri menurut  keterangan dari  KBBI : perjanjian (secara tertulis) antara dua pihak dalam perdagangan, sewa-menyewa, dan sebagainya.

Kata “sewa” tidak sedikit  dipakai secara umum merujuk pada perbuatan  seseorang menggunakan  barang kepunyaan  orang lain guna  periode tertentu dengan menunaikan  sejumlah uang. Kata “kontrak” tidak seluas pemakaiannya seperti  pada kata “sewa”. Contoh : sewa/kontrak rumah, sewa mobil, kontrak kerja.

Memang dalam perkembangannya sebuah  istilah bisa  berubah dan berkembang mengekor  perkembangan zaman itu. Istilah kost/kos atau indekost/indekos tersebut  lebih tepat digunakan  merujuk pada pekerjaan  sewa-menyewa suatu  ruang baik lajang maupun sudah berkeluarga dengan sistem pembayaran bulanan.

Kini  sudah menjadi tren suatu  kamar di-design layaknya kamar apartemen, terdapat  dapur dan kamar mandi. Sedangkan istilah sewa atau kontrakan lebih tepat digunakan  merujuk pada pekerjaan  sewa-menyewa lokasi  tinggal  baik guna  lajang maupun family  dengan sistem pembayaran tahunan.

Jadi benang merah  dari “kost” merujuk pada sewa kamar atau suatu  ruangan dengan sistem pembayaran bulanan. “Sewa” atau “kontrakan” merujuk pada sewa lokasi  tinggal  atau suatu  bangunan dengan sistem pembayaran tahunan. Meski dapat  saja hubungan  ini tidak tepat lagi dimasa yang bakal  datang.

BACA JUGA :  KOST HARIAN PALEMBANG CUMA 60 RIBU PER MALAM

Nah, sekarang, setelah tahu Perbedaan  Kost, Sewa, dan Kontrakan apakah Anda butuh informasi Kost Harian di Palembang..? Jika iya, silakan klik https://kostmurah.dipalembang.info atau klik 081379767040

Share Artikel
HOME
LOKASI
GALLERY
WA
PHONE